Review OOP (Objek Oriented Programming)

Konsep OOP (Objek Oriented Programming)

Kali ini saya akan mereview mengenai konsep OOP(Object Oriented Programming) dalam Pemograman Java.

Dari Wikipedia : Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atauobjek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerimapesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Yang jelas, intinya, segala sesuatu yang memiliki metode dan data, dan bisa berinteraksi, adalah object. Apapun itu. Class sendiri juga adalah sebuah instance dari "class object" yang juga memiliki method, data field, dan attributes. Atau mungkin secara harafiah disebut sebagai "template object". Karena class juga memiliki method, dan field field. Contohnya Instance method, untuk instantiate sebuah class, atau metadata, atau destroy, atau garbage_collect, dst. Bedanya pada Mud Blood, method method itu tidak dapat di-inherit karena mereka adalah primitives. Sedangkan pada True Blood, method tersebut inheritable pada instances dari objects, atau class class. Inheritance sendiri adalah sebuah properties dari class.

Yang disebut sebagai ciri ciri OOP, itu bukanlah ciri ciri yang sebenarnya. Itu semua sebetulnya adalah method method yang tersedia pada "Class object" yang akan diturunkan ke "class child". Jadi pada saat mendefinisikan Yang dilakukan adalah membuat instance dari Class object.

Pada PBO terdapat attribute dan method. Attribute adalah berbagai variabel yang mengitari class, dengan nilai datanya dapat ditentukan di objek. Semisal pada class "Orang" memiliki attribute nama, usia, berat badan dan lain sebagainya. Sedangkan method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class.

PBO juga tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, pada PBO terdapat :

· Tipe data {promitif : int, short, float, double, string, char, dll ; komposit : array, ADT}

· Type casting {mengubah suatu tipe data ke tipe data lain}

· Scope {variabel yang bisa dipanggil dimana saja}

· Hak Akses {attribut dan method tidak semuanya dapat di panggil semua program}

· Constructor {fungsi yang pertama kali dipanggil saat program dijalankan. constructor tidak mempunyai tipe kembalian}

· Destructor {fungsi yang secara otomatis dijalankan saat objek selesai}

Komentar

Postingan Populer